Ketahanan Pangan Alternatif, Ini Upaya Wabup Situbondo

Ketahanan Pangan Alternatif, Ini Upaya Wabup Situbondo
Birokrasi
H.Yoyok Mulyadi

SITUBONDO- Kunjungan Wakil Bupati Situbondo H. Yoyok Mulyadi ke Dukuh Lowa, Dusun Selatan, Desa Bantal , Kecamatan Asembagus, Kabupaten Situbondo, Jatim pada Senin (8/6/2020) sore, bukan hanya sekedar mencicipi dan rindu dengan makanan tradisional yang sudah lama punah, tetapi juga niatan berkunjung untuk melihat kondisi masyarakat pinggiran hutan yang terdampak musibah yang mewabah secara nasional maupun internasional, yaitu Pandemi Covid-19.

Wakil Bupati juga sedang berupaya menyediakan bibit sorgum yang nantinya akan disosialisasikan kepada masyarakat sekitar hutan terutama dalam upaya pemanfaatan lahan kritis sekaligus juga menjadi program ketahanan pangan alternatif.

"Tentunya ini akan diikuti dengan perangkat dan alat yang memadai dengan sistem pola dari hulu ke hilir. Tentunya butuh perhatian ektra dalam melaksanakan program ketahanan pangan alternatif ini, mengingat masyarakat masih belum terbiasa mengonsumsi makanan tradisional yang sebenarnya memiliki kadar nutrisi dan nilai yang lebih tinggi dibandingkan dengan komoditi beras padi," terang Yoyok.

Sejumlah petani menyambut baik rencana progam pemerintah daerah tersebut  dan menyatakan siap untuk tidak sekedar menanam sorgum sebagai tanaman sekunder.

Kurnadi, salah satu petani setempat berujar bahwa sorgum bukan lagi sekedar tanaman yang ditanam di sela-sela jagung. 

"Nanti pasti jadi tanaman primer ketika digerakkan oleh pemerintah daerah. Kami butuh bimbingan untuk hasil yang maksimal," harapnya.(*)


Kontributor : Irwan Rakhday
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Aulia Fasha
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar